PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P. 2012/2013

Afandi, Fajar (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
409121026 cover.PDF - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121026 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 kata pengantar.PDF - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 abstrak.PDF - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 daftar isi.PDF - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 daftar tabel.PDF - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 daftar gambar.PDF - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 daftar lampiran.PDF - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 BAB I.PDF - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 BAB V.PDF - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Other
409121026 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Penyebab universal atas rendahnya mutu pendidikan adalah gurusulit memilih model pembelajaran yang tepat, oleh karena itu penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri BerbasisEksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis diKelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P. 2012 / 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P. 2012 / 2013. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inkuiri Berbasis Eksperimen, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) Tes hasil belajar di validkan oleh validator.Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen diperoleh rata-rata Pre-test 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata Post-test 72,5 dengan standard deviasi 12,088. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 24 dan standard deviasi 6,87 sedangkan rata-rata Post-test 64 dengan standard deviasi 10,78. Kedua kelasberdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,88 sedangkan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 2,88 > ttabel 2,002). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Inkuiri Berbasis Eksperimen secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2012/2013. Sedangkan pada penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas selama 2 pertemuan adalah 64,99. Setelah dianalisis persamaan garisnya menggunakan Microsoft Exel 2007 dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurwanto, 196605071999031001
Call Number: 537.607 12 Afap
Keywords: Listrik; Hukum OHM; Rangkaian Listrik; Eksperimen; Model Pembelajaran; Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item