PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP

Juli, Iwan (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8116171008 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 BAB V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8116171008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (2) Peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (3) Interaksi antara pendekatan Pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan Matematika Realistik dan Pembelajaran Biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMPN 1 Bukit. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan skala self efficacy. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa, (2) Peningkatan kemampuan self efficacy siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa (3) Terdapat Interaksi antara pendekatan Pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Tidak terdapat Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka Peneliti menyarankan: agar pendekatan matematika realistik menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 Jul p
Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item