PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM MENGINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 8 LUT TAWAR TAKENGON

Munthe, Sandyasa (2013) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM MENGINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 8 LUT TAWAR TAKENGON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408311043 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penerapan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan metode Quantum Learning pada materi volume kubus dan balok dan untuk mengetahui efektivitas belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas V SD negeri 8 Lut Tawar Takengon dengan menggunakan metode Quantum Learning.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V SD Negeri 8 Lut Tawar Takengon tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Quantum Learning pada materi volume kubus dan balok di kelas V SD Negeri 8 Lut Tawar Takengon Tahun Ajaran 2012/2013. Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I di kelas V dan dilanjutkan dengan siklus II untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.Berdasarkan hasil analisis data dan hasil observasi bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok. Pada Siklus I sebanyak 25 orang siswa, terdapat 13 siswa (52 %) telah mencapai ketuntasan belajar individu, dan 12 siswa (48%) yang masih memiliki ketuntasan belajar individu dengan nilai rata-rata seluruh siswa 61,2 pada tes hasil belajar I. Dan hasil analisis data pada Siklus II sebanyak 25 orang siswa, 23 siswa (92%) telah mencapai ketuntasan belajar individu, dan 2 siswa (8%) masih memiliki ketuntasan belajar individu dengan nilai rata-rata seluruh siswa 81,2. Pada siklus II ini ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai karena 92% siswa telah mencapai ketuntasan belajar individu, sehingga pembelajaran tidak dilanjutkan lagi ke siklus III.Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, individu dan terjadi peningkatan rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPanjaitan, M. M.195912301985031004
Call Number: 512.942 071 Mun p
Keywords: Quantum; Pembelajaran; Pengajaran; Volume; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item