PENERAPAN TEORI AUSUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP NASIONAL RAMUNIA TAHUN AJARAN 2012/2013

Waty, Riny Elvina (2012) PENERAPAN TEORI AUSUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP NASIONAL RAMUNIA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408111095 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 KATA PENGANTAR-3.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Pelajaran 2012/2013 serta mengetahui penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasional Ramunia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Nasional Ramunia. Sampel terdiri dari 49 orang yaitu siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri dan siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Dimana kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan instrument berupa tes dan lembar observasi. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 37,2 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas kontrol 35. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61,8 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 52,292. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,7404 dan ttabel =1,679 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori di Kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil observasi diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 3,39 sehingga penerapan Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Nasional Ramunia Tahun Ajaran 2012/2013 dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, W.L.19610713 198703 1 001
Call Number: 512.507 1 Man p
Keywords: Matematika; Pembelajaran; Inkuiri; Ruang; Tabung; Kerucut; Metakognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item