PENGARUH PENDEKATAN SETS (SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM, BASA, DAN GARAM DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 9 MEDAN T.A 2012/2013

Syafiqah, Nurul (2013) PENGARUH PENDEKATAN SETS (SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM, BASA, DAN GARAM DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 9 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131077 COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 9 Medan yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif sebanyak 2 kelas. Dimana kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan SETS, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran metode ceramah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Dari 39 soal diperoleh 9 soal tergolong mudah, 26 soal tergolong sedang, dan 5 soal tergolong sukar. Dari 39 soal tidak diperoleh soal tergolong memiliki daya pembeda sangat baik, 6 soal baik, 19 soal cukup, dan 14 soal buruk.Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh 20 soal yang valid dan 19 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Kuder-Richardson KR-20 diperoleh harga rhitung sebesar 0,708 dan harga rtabel untuk n = 39 adalah 0,339 pada taraf signifikansi  = 0,05. Diketahui bahwa rhitung > rtabel, sehingga tes dinyatakan Reliabel dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,708. Hipotesis penelitian diuji dengan melakukan uji t taraf signifikan  = 0,05 derajat kebebasan (dk) = ni + n2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 19570427 198903 2 001
Call Number: 546.320 71 Sya p
Keywords: Pembelajaran; Tes; Sets; Asam; Basa; Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10513

Actions (login required)

View Item View Item