PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI SMA KELAS XI T.A 2012/2013

Sianturi, Bronika Septiani (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI SMA KELAS XI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331008 cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 BAB I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi Termokimia di SMA Katolik Tri Sakti Medan pada kelas XI IPA. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Inkuiri dengan media handout dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 37,79±5,39 dan rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 36,76±4,9. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 87±4,085 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 73,23±4,586. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 78,7% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 57,4%. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (13,089 > 1,6697) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan strategi pembelajaran Inkuiri menggunakan media handout lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIda Duma, Riris19580628 198011 2 001
Call Number: 541.360 71/Sia/p
Keywords: Kimia; Pembelajaran; Inkuiri; Konvensional; Media; Handout; Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item