PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI DI KELAS XI IPA SEMESTER I SMA NEGERI 1 KISARAN T.P. 2013/2014

Pohan, Destriana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DAN GRAVITASI DI KELAS XI IPA SEMESTER I SMA NEGERI 1 KISARAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum newton tentang gerak dan gravitasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA Semester I SMA Negeri 1 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Yang masing-masing berjumlah 40 orang. Uji pra syarat tes yaitu harus memiliki daya beda, reliabel, tingkat kesukaran soal dan valid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 49 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 46 dengan standar deviasi 8,78. Sehingga Lhitung<Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretest diperoleh (-1,994 < 1,667 < 1,994), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,16 dengan kategori nilai Cukup Aktif. Kemudian masing-masing kelas diberikan postest. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen 76,87 dengan standar deviasi 13,57 dan kelas kontrol 66,87 dengan standar deviasi 11,74. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postest diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postest diperoleh bahwa thitung = 2,9 dan ttabel =2,024, sehingga thitung > ttabel (3,94 > 1,994) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Newton Tentang Gerak dan Gravitasi di kelas XI IPA semester Ganjil SMA Negeri 1 Kisaran TP. 2013 / 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Pintor1961104021987031002
Call Number: 531.607 12 Poh p
Keywords: Quasi Eksperimen; Macromedia Flash; Kooperatif; Jigsaw; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Mengajar; Aktivitas Belajar; Gravitasi Newton; hukum Keppler; Gerak Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item