PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P. 2013/2014

Siregar, Irdes Hidayan (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409321030  COVER.pdf]
Preview
Text
409321030 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409321030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409321030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409321030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409321030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409321030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409321030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 DAFTAR LAMIRAN.pdf]
Preview
Text
409321030 DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 BAB I.pdf]
Preview
Text
409321030 BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 BAB V.pdf]
Preview
Text
409321030 BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 409321030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409321030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa di kelas VII Semester I pada materi pokok Zat dan Wujudnya di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P. 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain penelitian two group pre–test dan post–test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang diambil secara cluster random sampling dan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 option yang telah divalidasi. Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 31 dengan standar deviasi 7,25 dan kelas kontrol adalah 29,57 dengan standar deviasi 7,00. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1075 < 0,1498, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,1348 < 0,1498 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,074 < 1,77 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 0,89 < ttabel = 1,99 maka H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,43 dengan standar deviasi 8,79 dan rata-rata kelas kontrol 64,28 dengan standar deviasi 8,92. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk postes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1374< 0,1498 maka kels berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data postes kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,029< 1,77 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 6,16 > 1,6687, sehingga Ha diterima. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 71,15, pertemuan ke II = 73,59 pertemuan ke III = 81,63. Dari nilai rata – rata aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 3,4% pada pertemuan ke I dengan ke II dan 10,9% pada pertemuan ke II dengan ke III. Dari hasil uji t ada pengaruh, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teachig terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP Negeri 3 percut sei tuan T.P. 2013/2014.
Kata Kunci : Quantum Teachig, Hasil belajar, Aktifitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.407 1 Sir p
Keywords: Pembelajaran; Quantum Teaching; Zat; Partikel; Zair; Gas; Gaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item
View Item