PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN LIMA PULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Azmi, Lailatul (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN LIMA PULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244410012 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 BAB I.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, tingkat penguasaan yang dicapai siswa dan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas X MAN Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2011/2012. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 35 siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes 52,38 meningkat menjadi 70,66 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan dari 59,62 menjadi 76,95. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak 29 siswa dari 35 siswa atau 82,85% yang memperoleh nilai di atas 70 atau sama dengan 70 dan 6 siswa lainnya atau sebesar 17,14% memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah sebagai berikut: dari 35 siswa terdapat 11,42% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 42,85% siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 28,57% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 11,42% siswa yang mempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi ekosistem di kelas X2 cenderung mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 574.071 Azm p
Keywords: Kooperatif tipe Numbered Head Together; Hasil Belajar; Siswa; Ekosistem;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item