PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGTERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA N 1 TIGANDERKET

Simanullang, Mery Rohani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGTERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA N 1 TIGANDERKET. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244320022 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 AFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tiganderket Kabupaten Karo pada kelas X dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas Xa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen (pengajaran dengan quantum teaching) dan kelas Xb sebagai kelas kontrol (pengajaran konvensional) dengan jumlah masing-masing tiap kelas 40 siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom yang akan diketahui melalui kemampuan siswa mengerjakan soal kimia sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Pada uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data berasal dari populasi yang berdistribusi normal, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data telah homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata nilai pre-test siswa kelas eksperimen sebesar 49,5 ± 10.11, post-test sebesar 77.40 ± 7,84. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pre-test 49,0 ± 9,20 dan post-test 67,25 ± 7,98. Berdasarkan hasil analis analisis uji-t satu pihak, diperoleh thitung =5,66 dan ttabel= 1,684 pada taraf dengan dk = 78, berarti thitung > ttabel. Dari hasil analisis data diperoleh rata- rata nilai gain kelas eksperimen 0,552 dan rata- rata nilai gain kelas kontrol 0,358. Dari hasil tersebut dapat diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dikelas eksperimen 55,2% dan dikelas kontrol 35,8%, dengan selisih peingkatan hasil belajar sebesar 19,4 % jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen tergolong tinggi, sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, model pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh hasil belajar kimia yang lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Germanicus195303191983031002
Call Number: 540.071 Sim p
Keywords: Quantum Teaching; Struktur Atom; Siswa; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item