PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA

Damanik, Hormida (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409631007 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan penggunaan pendekatan pemecahan masalah dan tanpa penggunaan pendekatan pemecahan masalah di kelas XI SMA, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Tanjung Morawa tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 72 orang yang berada pada dua kelas. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajran tanpa pendekatan pemecahan masalah. Untuk memperoleh data hasil belajar tesebut digunakan objektif test sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban.Hasil yang diperoleh: nilai rata-rata pretest = 23,88 dan posttest = 67,77 pada kelas eksperimen; sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest = 24,58 dan posttest = 53,33. Persentase efektivitas didapat sebesar 34,17%. Dari hasil uji statistik t pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah; dari hasil uji chi kuadrat dengan rancangan faktorial 2x2 menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan pembelajaran dengan metode ceramah berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: 540.071 Dam p
Keywords: Hasil Belajar; Metode Ceramah; Kelarutan; Hasil Kali Kelarutan; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item View Item