PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA KOLOID SISWA KELAS XI SMAN 15 MEDAN

Handayani, Hilda (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA KOLOID SISWA KELAS XI SMAN 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331023 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 BAB I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa media, pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media peta konsep dan pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian adalah 3 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 (eksperimen I = Pembelajaran kooperatif STAD tanpa media), kelas XI IPA 2 (eksperimen II= Pembelajaran kooperatif STAD dengan media peta konsep) dan kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen III = pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout) yang masing-masing kelas bejumlah 36 orang diambil secara purpossive sampling. Kemudian menetapkan siswa yang homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 24 orang siswa. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan hipotesis pertama menggunakan Anava satu jalur, jika hipotesis diterima maka hipotesis kedua, ketiga dan keempat dilanjutkan dengan uji BNT (LSD). Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data gain diperoleh Fhit 3,794 sedangkan Ftab 3,13 jadi didapat bahwa Fhitung > Ftabel, makaHa diterima dan Ho ditolak. Berarti hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran kooperatif STAD memberikan hasil yang signifikan. Dari hasil perhitungan dengan uji BNT diperoleh bahwa hasil belajar yang paling tinggi adalah pembelajaran kooperatif STAD media handout dan hasil belajar paling rendah adalah pembelajaran koopertif STAD media peta konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Call Number: 540.071 Han p
Keywords: Hasil Belajar Kimia; Media Pembelajaran; Siswa; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item