PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER SISWA

Suprapto, Arief (2012) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331004 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan CTL yang terintegrasi dengan pendidikan karakter terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dan karakter siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang homogen dan terdistribusi normal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan observasi. Tes objektif yang digunakan berjumlah 15 soal yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, dan observasi yang digunakan berjumlah 11 indikator. Berdasarkan analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen maka rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 0,553 dan kelas kontrol 0,529 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 55,3 % dan pada kelas kontrol sebesar 52,9 %. Peningkatan hasil belajar kedua kelas diuji beda dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung < ttabel (0,387 < 1,673) pada taraf signifikansi &#945; = 0,05 dan db = 58. Sehingga Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL terintegrasi pendidikan karakter tidak lebih tinggi dari pada ceramah pada pokok bahasan sistem koloid. Sedangkan berdasarkan hasil observasi karakter siswa yang diamati oleh observer sebanyak 4 orang diperoleh data skor rata-rata observasi kelas eksperimen adalah sebesar 82,59%, sedangkan kelas kontrol adalah sebesar 67,13%. Karakter siswa kedua kelas dilakukan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji pihak kanan menggunakan Independent Sample T-Test pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh bahwa p value (Sig.(2-tailed)) < 0,05 (dimana p value (Sig.(2-tailed)) = 0,000). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti karakter (sikap) siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL terintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurfajriani, 196709022005012001
Call Number: 540.071 Sup p
Keywords: CTL; Pendekatan Karakter; Hasil Belajar Kimia; Karakter Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item