PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2011/2012

Fahmi, Jam'an (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131059 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok menggunakan media peta konsep dan kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok.Nilai rata-rata gain untuk siswa kelas eksperimen 1 (0,485 ± 0,263) dan untuk siswa kelas eksperimen 2 (0,281 ± 0,203). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 5,381 serta nilai ttabel sebesar 1,995 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 dan dk = 74, sehingga - thitung < ttabel < thitung. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 ini sebesar 48,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 ini sebesar 28,1%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pada materi pokok koloid.&#8195;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, Gulmah196111071988032001
Call Number: 540.071 Fah p
Keywords: Kooperatif; Investigasi Kel;ompok; Hasil Belajar; Siswa; Media Peta Konsep; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item View Item