PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) ENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA KARTU PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN

Barus, Naumi Dewiani (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) ENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN MEDIA KARTU PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131072 COVER.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 BAB V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131072 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan macromedia flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu pada pokok bahasan koloid. Data statistik analisis penelitian ini menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 63% , dan di kelas eksperimen II 50%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen I (33,78 ± 10,72) dan postes (75,75 ± 10,43). Hasil pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretes (37,12 ± 11,51) dan postes (68,63 ± 10,36). Data pretes, postes diuji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data pretes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan macromedia flash dan media kartu pada pokok bahasan koloid diperoleh sebesar 13%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, Kawan195712091987031001
Call Number: 540.071 Bar p
Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Kooperatif; Numbered Head Together; Macromedia Flash; Media Kartu; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item