Harahap, Thiarma Dison Kusuma Dewi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN(INQUIRY TRAINING PADA MATERI ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER 1 MTS AL-WASHLIYAH TEMBUNG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121099 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408121099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408121099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
408121099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408121099DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
408121099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408121099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408121099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
408121099 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
408121099 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408121099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408121099 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa dan melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training pada materi zat dan wujudnya di kelas VII semester 1 MTs Al-Washliyah Tembung tahun pelajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Al-Washliyah Tembung yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-4 dan VII-5. Kelas VII-5 pembelajaran diajarkan dengan model Inquiry Training dan pada kelas VII-4 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes yang berjumlah 15 item bentuk pilihan ganda dengan 4 option, yang telah diuji validitasnya. Data hasil penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji t dua pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,25 dengan standar deviasi 12,51 dan nilai pretes kelas kontrol adalah 41,88 dengan standar deviasi 11,02. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 75,39 dengan standar deviasi 11,46 dengan aktivitas siswa 77,29 % termasuk kategori baik, dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 65,47 dengan standar deviasi 9,03. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak dengan hasil dan . Karena maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan wujudnya kelas VII semester 1 MTs Al-Washliyah Tembung tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar Siswa; Zat dan Wujudnya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9966 |