Antika, Dyan Fitria (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DIKELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244210008 COOVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
081244210008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
081244210008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
081244210008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
081244210008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
081244210008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
081244210008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
081244210008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
081244210008 BAB I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
081244210008 BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
081244210008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw menggunakan Hand Out terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan dikelas X SMA Negeri 7 Medan T.A. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan terdiri dari 9 kelas berjumlah 405 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 44 orang dan kelas kontrol berjumlah 44 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option dan sebanyak 20 soal. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti, terlebih dahulu tes di uji validitas tes secara validitas isi oleh dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika di sekolah SMA Negeri 7 Medan.Dari hasil penelitian skor rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 41,36 dengan standar deviasi 9,9 dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes 37,38 dengan standar deviasi 11,02. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,34 dengan standar deviasi 9,72 dan kelas kontrol 71,59 dengan standar deviasi 9,69. Hasil uji t diperoleh thitung = 6,107 dan ttabel = 1,992, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw menggunakan hand out terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas X semester I SMA Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Ant p |
Keywords: | Kooperatif Tipe Jigsaw; Hand Out; Hasil Belajar Siswa, Besaran dan Satuan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9965 |