Anisyah, Nur (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEISUKA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310016 BAB I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
081244310016 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
081244310016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
081244310016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
081244310016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
081244310016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081244310016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081244310016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
081244310016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081244310016 BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
081244310016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Metode Demonstrasi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri tanpa Metode Demonstrasi dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Metode Demonstrasi pada pokok bahasan Koloid di SMA Negeri 1 Seisuka. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan Pembelajaran Inkuiri menggunakan metode Demonstrasi, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran Inkuiri tanpa metode Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak dan diperoleh thitung = 2.489 sedangkan ttabel = 1.999 untuk α = 0.05 dan db = 62. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi dan pengajaran menggunakan Strategi pembelajaran inkuiri tanpa metode demonstrasi pada pokok bahasan koloid. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 50.54 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 40.93%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi pada pokok bahasan Koloid, maka diharapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ani p |
Keywords: | Inkuiri; Demontrasi; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9963 |