Ermidawati (2011) PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER BAGI KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Warta (1). pp. 19-23. ISSN 0854-1574
Cover,FullText.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Pendidkan berbasis karakter menginditifikasikan adanya gejala yang ada pada lapisan masyarakat secara holistic yang heterogen baik dari dari segi budaya, agama, ahlak dan budi pekerti mulai bergeser. Pendidikan karakter memerlukan adanya suatu dorongan yang mengarah pada satu asumsi bahwa dengan adanya penguatan karakter dalm pembelajaran, tentunya anak akan dapat meningkatkan pemahamannya tidak saja pada kompetendi pengetahuan tetapi juga dengan terbangunnya karakter dasar. Pengembangan kondisi berkarakter cerdas merupakan pokok yang paling utama dalam upaya pendidikan yang hendak menjadikan kehidupan manusia di jaln lurus dan maju. Pendidikan yang berorientasi karakter, inilah yang akan mengatasi rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, dan sekaligus mengatasi berbagai keracunan, penyimpangan, dan kecelakaan dalam kehidupan individu, bermasyarakan dan berbangsa.Untuk itu dalam upaya pendidikan perlu diwujudkan proses pembelajaran yang materi pembelajarannya secara dominan berorientasi pada pengembangan kondisi berkarakter cerdas. Implikasi berkarakter cerdas. Implikasi berkarakter cerdas diintegerasikan dalm substansi pelajaran secara kental dan konsisten. Pelajaran Budi Pekerti secara tersendiri, terpisah dari mata pelajaran lainnya, tidak menjamin integrasi pembentukan karakter cerdas yang dimaksud.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Anak; Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:54 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/995 |