Hasibuan, Erny (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TEHADAPA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321015 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408321015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
408321015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408321015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408321015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
408321015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408321015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408321015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408321015 BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
408321015 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408321015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408321015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada materi zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Harapan Stabat T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Swasta Harapan Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster random sampling, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 30 soal dan lembar observasi aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,30 dengan standar deviasi 12,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,66 dengan standar deviasi 12,41. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 73,10 dengan standar deviasi 10,00 dan di kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 61,02 dengan standar deviasi 11,28. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung = 5,16 sedangkan untuk ttabel = 1,66 sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan akibat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan akibat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Harapan Stabat T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Has p |
Keywords: | Inkuiri; Hasil Belajar Siswa; Zat dan Wujudnya |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9944 |