Sembiring, Agus Sejahtera (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 10 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321002 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408321002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
408321002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408321002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408321002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408321002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408321002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408321002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408321002 BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
408321002 BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
408321002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII semester II SMP Negeri 10 Binjai T.A 2011/2012Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Binjai T.A 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,83 dengan simpangan baku 9,44 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,50 dengan simpangan baku 8,32. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,14 dan Ltabel = 0,16, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,16, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,29 dan Ftabel = 1,86 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = - 0,29 dan ttabel = 2,00 , sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,33 dengan simpangan baku 9,64 dan kelas kontrol 65,83 dengan simpangan baku 8,62. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,99 maka dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII semester II SMP N.10 Binjai T.A 2011/2012. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 61,57 termasuk kategori kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sem p |
Keywords: | Quantum Teaching; Hasil Belajar Fisika; Gerak Lurus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9942 |