Fitria, Fauziatul (2012) IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MODEL FOR INCREASING STUDENTS. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121049 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408121049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
408121049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408121049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
408121049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408121049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408121049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408121049 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
408121049 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408121049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408121049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian tentang penerapan model pembelajaran PBI untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan hasil belajar siswa di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan di kelas X dilakukan karena rendahnya hasil belajar pembelajaran fisika, khususnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi intrinsik dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiments dengan one group post-test, pre test design. Populasi dalam peneletian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel dalam peneletian ini adalah siswa kelas X di SMA Islam Al-Ulum Terpadu, Medan tahun ajaran 2011-2012 terdiri dari satu kelas, dengan total siswa 26 siswa dengan random sampling technic. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) peningkatan motivasi intrinsik berdasarkan rata-rata gain ternormalisasi (<g>) setelah menerapkan model pembelajaran PBI adalah 0,362 dengan kategori medium, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata gain ternormalisasi (<g>) setelah menerapkan model pembelajaran PBI adalah 0.556 pada ranah kognitif, 0,600 pada ranah afektif termasuk ke dalam medium kategori dan 0,722 pada ranah psikomotorik termasuk pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Fit i |
Keywords: | Motivasi Intrinsik; Optik; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9940 |