PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE �

Siburian, Tommy Lesmana (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 061244210029 COVER.pdf]
Preview
Text
061244210029 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
061244210029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
061244210029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
061244210029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
061244210029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
061244210029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
061244210029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
061244210029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 BAB I.pdf]
Preview
Text
061244210029 BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 BAB V.pdf]
Preview
Text
061244210029 BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
061244210029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 061244210029 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
061244210029 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar selama ini hanya berpusat kepada guru, buku panduan siswa yang sedikit, tidak adanya perpustakaan di sekolah serta tidak adanya alat – alat praktikum untuk sebagian besar materi. Proses belajar mengajar fisika di kelas berlangsung dengan mencatat dan mengerjakan soal – soal sehingga hasil belajar siswa selalu rendah. Maka dari itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran FIRE – UP terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII semester I SMP PTPN IV Bah Jambi Tahun pembelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas parallel. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas control yang masing – masing berjumlah 30 siswa. Tes hasil belajar sebanyak 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban, tes menggunakan validitas isi.
Dari penelitian diperoleh rata – rata hasil pretes kelas eksperimen adalah 37,17 dengan simpangan baku 8,06 dan rata – rata hasil pretes kelas kontrol adalah 33,17 dengan simpangan baku 9,33, sehingga dapat dilakukan uji kelayakan yaitu Uji normalitas populasi dimana pada kelas kontrol Lhitung = 0,1439 dan Ltabel = 0,1610 pada taraf signifikan α = 0,05, sedangkan pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1466 dan Ltabel = 0,1610 pada taraf signifikan α = 0,05, Lhitung < Ltabel maka dapat dikatakan bahwa populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas populasi dimana pada kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,34 dan Ftabel = 1,95 pada taraf signifikan α = 0,10; Fhitung < Ftabel maka dapat dikatakan bahwa populasi homogen. Kemudian dari uji t dua pihak diperoleh bahwa thitung = 1,835 dan ttabel =2,002, dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka thitung < tabel = 1,835 < 2,022, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Karena syarat kelayakan sudah terpenuhi, kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran FIRE – UP dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diberikan postes pada kedua kelas maka diperoleh rata – rata hasil postes pada kelas kontrol adalah 45,67, dengan simpangan baku 12,09 dan rata – rata hasil postes kelas eksperimen adalah 53,67 dengan simpangan baku 13,13. Selanjutnya dari hasil uji t satu pihak diperoleh thit = 2,531 serta harga ttabel = 1,671 pada taraf signifikan α = 0,05; thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran FIRE – UP terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII semester I SMP PTPN IV Bah Jambi tahun pembelajran 2011/2012. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti dengan mencari alternative lain dalam strategi pembelajaran FIRE – UP agar tercapai waktu yang efisien dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa dalam mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Sib p
Keywords: Asumsi; Hipotesis; Tes
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9936

Actions (login required)

View Item
View Item