Paggabean, Dewi S (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PAHAE JULU T. P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121039_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408121039_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
408121039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408121039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408121039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
408121039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
408121039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
408121039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
408121039_BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
408121039_BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408121039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester ganjil SMA Negeri 1 Pahae Julu yang berjumlah 94 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa dan 30 siswa yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item yang telah divalidkan oleh validator kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan hasil analisis data pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 28,89. Hasil analisis data pretes dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 1,48 sedangkan ttabel = 2,00, karena thitung < ttabel (1,48<2,00) dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,21 dan kelas kontrol 62,66. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 2,23 sedangkan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel (2,23 >1,67) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan menggunakan media handout terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Pan p |
Keywords: | Energi; Kinetik; Potensial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9927 |