Lubis, Lailatul Husna (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121059 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408121059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
408121059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408121059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
408121059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
408121059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408121059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408121059 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
408121059 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408121059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X Semester I pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2011/2012.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,86. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1374 dan Ltabel = 0,1497, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1292, dan Ltabel = 0,1497, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,03 dan Ftabel = 1,76 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,14 dengan standar deviasi 10,78 dan kelas kontrol 62,86 dengan standar deviasi 8,77. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 65,36 termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,33 dan ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel (2,33 >1,99) maka H diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis Di Kelas X Semester I SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.071 Lub p |
Keywords: | Arus listrik; Manajemen pembelajaran; Mengajar; Belajar; Hukum Ohm; Psikomotorik; Rangkaian listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9924 |