Hidayah, Syafinatul (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SMP SWASTAISTIQLAL DELITUA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121096 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
408121096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
408121096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408121096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408121096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408121096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408121096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408121096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408121096 BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
408121096 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408121096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
408121096 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pertama,untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan MPPKB. Kedua, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan MPPKB terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretes-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta IStiqlal Delitua yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 240 oraang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelass VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumalh 35 orang. Instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk 4 pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti, terlebih dahulu tes diuji validitas tes secara validitas isi oleh dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika di sekolah SMP Swasta Istiqlal Delitua.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,43 dengan standar deviasi 9,37 dan nila rata-rata kelas kontrol 37,29 dengan standar deviasi 10,31. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Setelah pembelajaran MPPKB diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 52,86 dengan standar deviasi 13,79 dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh postes dengan hasil rata-rata 42,43 dan standar deviasi 12,74.Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 24,6 %.hasil uji t diperoleh thitung = 3,27 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, terjadi perbedaan hasil rata-rata kelas eksperimen dengan hasil rata-rata kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gaya di kelas VIII SMP Swasta istiqlal Delitua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konvensional; Pembelajaran; Filosofis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9920 |