Dwijayati, Yunisa (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KINEMATIKA DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121101 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408121101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
408121101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408121101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408121101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408121101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408121101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408121101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
408121101 BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
408121101 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408121101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408121101 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development) bahan ajar fisika. Hal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika. Pengembangan dilakukan melalui tahap produksi sehingga dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli. Selanjutnya, produk diuji cobakan kepada siswa melalui dua tahap, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X MAN Kisaran . Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 10 siswa kelas untuk uji coba kelompok kecil, dan 2 kelas untuk uji coba lapangan terbatas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data ahli media, dan tanggapan siswa terhadap daya tarik media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media serta lembar angket untuk subjek uji coba kelompok kecil. Analisis data untuk pengembangan media menggunakan analisis kualitatif, sedangkan untuk uji hipotesis digunakan analisis kuantitatif dengan analisis varian satu jalur.Hasil penelitian ini adalah berupa bahan ajar cetak yaitu buku pegangan siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus. Hasil evaluasi dari ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan peneliti termasuk dalam kategori baik/tepat/jelas/sesuai. Berdasarkan analisis data uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan terbatas diketahui kualitas bahan ajar secara keseluruhan termasuk dalam kriteria baik dengan persentase rata-rata 57,5%. Tanggapan siswa tentang daya tarik bahan ajar termasuk kriteria menarik dengan persentase rata-rata 77,5%. Penggunaan bahan ajar tersebut berdampak pada perbedaan rata-rata skor post-test sebesar 8,1 dari 32 siswa pada kelas eksperimen, dengan 32 siswa dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Dwi p |
Keywords: | Konsep; Ajar; Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9903 |