Naibaho, Robet Rianto (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK DENGAN ANALISIS VEKTOR KELAS XI SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121083 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408121083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
408121083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
408121083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
408121083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
408121083 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
408121083 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408121083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan akibat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok Kinematika Gerak dengan Analisis Vektor Kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.P. 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.P.2012/2013, yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol di mana setiap kelas terdiri dari 32 orang siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test. Tes yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban dan 4 pilihan yang lain sebagai pengecoh. Semua soal dalam penelitian ini diambil dari buku Fisika SMA kelas XI disesuaikan dengan kompetensi dan indikator. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 36,87 dan nilai rata-rata post-test adalah 74,06. Nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 35,46 dan nilai rata-rata post-test adalah 67,65. Data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pengujian hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,7686 dan ttabel = 1,659 (α = 0,05). Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = 62, ini berarti nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530/071 Nai p |
Keywords: | Aktifitas; Konvensional; Model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9895 |