UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GALANG

Sihalolo, Hotma Tua (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071244110037 COVER.pdf]
Preview
Text
071244110037 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071244110037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071244110037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071244110037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071244110037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 BAB I.pdf]
Preview
Text
071244110037 BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 BAB V.pdf]
Preview
Text
071244110037 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071244110037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 071244110037 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
071244110037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan apakah dapat digunakan sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi pertidaksamaan di kelas X SMA Negeri 1 Galang Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Galang yang berjumlah 37 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) pada materi pertidaksamaan Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), dan keaktifan siswa selama proses penerapan model pembelajaran dan wawancara digunakan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada tes hasil belajar I yaitu dari 37 siswa terdapat 26 siswa (70,27%) yang mencapai skor &#8805;65 dan 11 siswa (29,72%) yang mencapai skor <65 serta terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas pada tes hasil belajar II dengan 37 siswa terdapat 32 siswa (86,49%) yang mencapai skor 65 dan 5 orang siswa (13,51%) yang mencapai skor < 65. Dan dari hasil tes belajar I dan II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu dari 66,2162 menjadi 73,1081. Hasil observasi proses pembelajaran berjalan dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 2,87 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3,12 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), yaitu dengan memperkecil jumlah siswa di tiap kelompok yang sebelumnya berjumlah 6 orang di siklus I menjadi 5 orang di siklus II. Peneliti juga lebih menyederhanakan bahasa yang digunakan dalam penjelasan dan instruksi pada LAS serta memberikan arahan kepada siswa sehubungan dengan kondisi dalam kelompok. Dari hasil wawancara dan tes hasil belajar siswa bahwa upaya tersebut dinilai baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 Sih u
Keywords: Pertidaksamaan; Belajar; Pendekatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item
View Item