Purba, Pratiwi Bernadetta (2012) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOPERASIMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TYPE. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111088 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408111088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
408111088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
408111088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
408111088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408111088V DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408111088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408111088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111088 BAB I.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408111088 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408111088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa diajarkan oleh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Koperasi Belajar jenis Model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemikiran kreatif siswa dalam Materi Eksponen SMA kelas X Budi Murni 2 Medan.Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimental penelitian. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui kendala dan kesulitan siswa dalam memecahkan Subyek Eksponen. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XB dan XC SMA Budi Murni 2 Medan sebesar 80 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah PBL dan Jigsaw di SMA Budi Murni subjek Eksponen 2 Tahun Medan Akademik 2012/2013.Instrumen pengukuran penelitian ini dalam mengumpulkan data pretest dan postest dan untuk menganalisis data dilakukan beberapa langkah yaitu reduksi data, data desciption dan mengambil kesimpulan. Untuk pretest dari 3 pertanyaan relibility diperoleh valid adalah 0.754. Untuk uji reliabilitas pemikiran kreatif (postest) diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa semua pertanyaan adalah reliabel.Dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata mean post test dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada Problem Based Learning Kelas adalah 62.375 dan rata-rata post test pada Model Pembelajaran Kelas Jigsaw Kooperatif tipe 54.425. Ada perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Koperasi Belajar jenis Model Jigsaw. Hipotesis tes untuk berpikir kreatif dilakukan di Data postest dan uji dengan menggunakan uji dua rata-rata perbedaan yaitu t-test. Hasil uji tingkat dan df = n1 + n2 - 2 = 78 dengan tcalc = 2.280 diperoleh bahwa -1.994 <t <1.994, dapat dilihat bahwa tcalc tidak dalam interval. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan jenis Jigsaw Koperasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pur a |
Keywords: | Kerangka; Berpikir; Problem Based |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9878 |