FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA

Purba, Saut (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA. Majalah Ilmiah Bina Teknik, 1 (1). pp. 28-34. ISSN 0564-185X

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, SMK telah melakukan beberapa upaya antara lain peningkatan mutu proses belajar mengajar melalui strategi pembelajaran, penataan kurikulum, mengadakan fasilitas praktek, fasilitas laboratorium dan peningkatan kualitas pengajaran, namun dalam kenyataan bahwa lulusan SMK tidak dapat sepenuhnya dapat diterima di dunia kerja dikarenakan belum sesuainya harapan dari dunia kerja baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan. Banyak yang dirasakan dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, diantaranya adalah strategi pembelajaran. Salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh guru dalam usaha ke arah pencapaian/peningkatan hasil belajar adalah membenahi strategi pembelajaran dengan memanfaatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kondisi yang ada. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, di antaranya adalah peran guru sebagai penggerak proses belajar-mengajar. Untuk itu dirasakan perlu untuk mencermati profesionalitas guru dalam mengajar. Profesionalitas guru dalam mengajar menempati kedudukan sentral dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi profesionalitas mengajar guru khususnya guru pendidikan vokasi, diantaranya adalah kepuasan kerja dan kecerdasan emosional

Item Type: Article
Keywords: Profesionalitas Mengajar; Kepuasan Kerja; Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 29 Mar 2016 10:26
Last Modified: 29 Mar 2016 10:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item
View Item