Silitonga, Marsangkap (2013) PENGELOLAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN INDUSTRI (PKLI) DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING). Majalah Ilmiah Bina Teknik, 1 (1). pp. 13-22. ISSN 0564-185X
Cover.pdf
Download (493kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
Abstract
Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) adalah kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan teknologi dan kejuruan untuk memadukan pengetahuan yang diperoleh di sekolah/kampus dengan pengalaman praktek kerja sesungguhnya di perusahan/industri. PKLI dilaksanakan di perusahaan/industri sebagai wujud tanggung jawab dunia usaha/industri dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki sikap dan keahlian professional. PKLI sering mengalami kendala yang diakibatkan perbedaan karakter antara dunia usaha yang berorientasi ekonomi, dengan dunia pendidikan yang berorientasi sosial. Kendala tersebut dapat diatasi, melalui kerjasama saling menguntungkan antara lembaga pendidikan dengan dunia usaha/industri. PKLI sebaiknya dilaksanakan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah. Dengan model ini peserta PKLI melaksanakan kegiatan berdasarkan pada suatu masalah autentik yang bermakna yang harus dipecahkan. Selama pelaksanaan PKLI, pembimbing maupun instruktor berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi kegiatan belajar peserta. Setiap peserta secara berkelompok melakukan berbagai kegiatan seperti melakukan percobaan, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, berdiskusi berkaitan dengan masalah yang akan dipecahkan. Pada akhir kegiatan, peserta menyajikan hasil pekerjaannya di depan dosen/guru pembimbing maupun intruktor dari pihak perusahaan/industri.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | PKLI; Pembelajaran Berdasarkan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 09:59 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/984 |