Sinambela, Rio Samaria (2012) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS VII SMP N 18 MEDAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321048 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408321048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
408321048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
408321048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408321048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
408321048 BAB I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
408321048 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408321048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408321048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2011/2012 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas VII8 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,25 dengan simpangan baku 10,65 dan nilai rata-rata kelas kontrol 34,13 dengan simpangan baku 8,91. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1364 dan Ltabel = 0,1401, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1296 dan Ltabel = 0,1401, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,43 dan Ftabel = 1,75 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,407 dan ttabel = 1,994 , sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode penemuan terbimbing dan kelas kontrol dengan metode ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,25 dengan simpangan baku 9,87 dan kelas kontrol 59,75 dengan simpangan baku 10,49. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,581 maka dan ttabel = 1,667, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII SMP Negeri 18 Medan T.A 2011/2012. Rata-rata nilai ke
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sin p |
Keywords: | Mengajar; Ekspositori; Validitas Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9835 |