Abdi, Hafizatul (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTS ALWASHLIYAH SEI MENCIRIM. Undergraduate thesis, UNIMED.
061244110028 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
061244110028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
061244110028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
061244110028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
061244110028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
061244110028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
061244110028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
061244110028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
061244110028 BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
061244110028 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
061244110028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk
mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat
kemampuan. Data yang diberikan diperoleh dari tes hasil belajar berbentuk esai
dan sebelum diujikan terlebih dahulu peneliti memvalidkan ke 3 orang validator.
Tes tersebut diberikan sebanyak satu kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian
ini penggunaan LAS bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan
proses belajar aktif siswa dalam kelompok.
Hasil analisa dari tes awal diperoleh 8 siswa (18,18%) yang mencapai
standar minimal keuntasan belajar dan 36 siswa (81,82%) belum tuntas. Setelah
diberikan tindakan I dari tes hasil belajar I (THB I) diperoleh 27 siswa (61,36 %)
mencapai ketuntasan belajar dan 17 siswa (38,64 %) belum tunas. Sedangkan
untuk aktivitas belajar belum mencapai kriteria aktivitas belajar ideal karena
hanya dua aspek yang memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities
dan listening activities. Pada siklus ini berdasarkan ketuntasan belajar secara
klasikal belum tercapai. Adapun kesulitan yang masih dialami siswa adalah
kurang memahami penyelesaian soal aritmatika sosial yang berbentuk aplikasi
dan cerita.
Hasil analisa setelah diberikan tindakan II dari tes hasil belajar II (THB
II) diperoleh 39 siswa (88,63 %) mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (11,36
%) belum tuntas belajar. Sedangkan untuk aktivitas belaja sudah tiga aspek yang
memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities, oral activities dan
listening activities. Pada siklus ini hasil belajar siswa meningkat dan ketuntasan
belajar secara klasikal sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Abd p |
Keywords: | mengajar;pelajaran;aritmatika sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9820 |