Zahara and Hamid K., Abdul (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06 (02). pp. 244-258. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Reduction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari strategi pembelajaran langsung; (2) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap matematika tinggi lebih tinggi dari sikap matematika rendah; dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika tinggi lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran; Matematika realistik; Pembelajaran langsung; Sikap matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 09:41 |
Last Modified: | 02 May 2016 22:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/982 |