STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Zahara and Hamid K., Abdul (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06 (02). pp. 244-258. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of Reduction.pdf]
Preview
Text
Reduction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari strategi pembelajaran langsung; (2) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mempunyai sikap matematika tinggi lebih tinggi dari sikap matematika rendah; dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika tinggi lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang memiliki sikap matematika rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap matematika siswa terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Keywords: Strategi pembelajaran; Matematika realistik; Pembelajaran langsung; Sikap matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:41
Last Modified: 02 May 2016 22:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item
View Item