Rahayu, Dwi Kurnia (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DAN PENDEKATAN KLASIKAL PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244120046 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
071244120046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
071244120046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
071244120046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244120046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
071244120046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
071244120046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
071244120046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
071244120046 BAB I.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
071244120046 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244120046 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
071244120046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis siswa dengan pendekatan konstruktivis lebih tinggi daripada pendekatan klasikal pada pokok bahasan bilangan pecahan pada siswa Kelas VII SMP Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam T.A 2011/2012Kelas VII sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas konstruktivis dan kelas kedua disebut sebagai kelas klasikal dan masing-masing kelas berjumlah 40 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 soal tes kemampuan berpikir logis, dimana sebelum tes diujikan terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat daya beda soal dan tingkat kesukaran. Tes diberikan sebanyak satu kali yaitu tes berpikir logis setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir.
Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan berpikir logis siswa sebesar 72,625 untuk kelas konstruktivis dan 62,75 untuk kelas klasikal. dapat dilihat bahwa peningkatan berpikir logis siswa kelas konstruktivis lebih tinggi daripada kelas klasikal.
Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t (uji satu pihak yaitu pihak kanan) dengan diperoleh (12,89) > (1,994). Hal ini menunjukkan bahwa berada di luar penerimaan H0¬ maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dengan pendekatan konstruktivis lebih tinggi daripada pendekatan klasikal kelas VII Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | pecahan;desima;persen;permil;biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9812 |