Pakpahan, Juni Minarti (2013) PENGELOMPOKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN RATA-RATA NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL DI KOTA BINJAI DENGAN ANALISIS HIERRARKHI CLUSTERING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 082244510006 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 082244510006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
3 082244510006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
4 082244510006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5 082244510006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6 082244510006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7 082244510006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9 082244510006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
10 NIM 082244510006 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
11 082244510006 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
12 082244510006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13 082244510006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi anak agar memiliki kecerdasan, dan berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Untuk melihat tingkat pencapaian tujuan pendidikan dan kualitas pendidikan tersebut diperlukan suatu bentuk evaluasi. Ujian Akhir Nasional merupakan salah satu alat evaluasi yang dikeluarkan pemerintah untuk melakukan evaluasi pada pendidikan yang telah ditempuh siswa sekolah. Perolehan nilai ujian akhir nasional di setiap sekolah yang relatif berbeda dapat dijadikan acuan oleh pemerintah dalam rangka peningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis untuk mengukur kualitas pendidikan yang bertujuan mengelompokkan sekolah menengah pertama berdasarkan perolehan nilai ujian akhir nasional dengan metode yang digunakan adalah analisis hierrarkhi clustering. Dari hasil analisis didapatkan tiga cluster yang terbentuk dimana cluster pertama berisi 25 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 7,93 digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang sedang. Cluster kedua berisi 19 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 8,67 dan digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang tinggi dan memiliki kualitas pendidikan yang baik. Cluster ketiga berisi 6 sekolah menengah pertama yang mempunyai nilai rata-rata UAN sebesar 7,05 dan digolongkan sebagai sekolah menengah pertama dengan perolehan nilai UAN yang rendah dan memiliki kualitas pendidikan yang tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 515.13 Pak p |
Keywords: | Cluster; Analisis; Hierrarkhi Clustering; Teknik; Aplikasi; Matematiks |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9809 |