Handayani, Sri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NHT) NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BUNYI DI KELAS VIII SEMESTER II DI SMP N 2 KAMPUNG RAKYAT DESA PERKEBUNAN TELUK PANJI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409321052 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 409321052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 409321052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. NIM. 409321052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 409321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 409321052 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 409321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 409321052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 409321052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 409321052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 409321052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Bunyi di kelas VIII Semester II di SMP N 2 Kampung Rakyat.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two Group Pretest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP N 2 Kampung Rakyat T.A 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol ang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan empat pilihan yang telah di validasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 48,66 dengan standar deviasi sebesar 17,82 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 44,33 dengan standar deviasi sebesar 16,12. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Data postest yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 70,33 dengan standar deviasi 12,58 dan kelas kontrol 66,33 dengan standar deviasi 12,17. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak didapat thitung (0,532) > ttabel (0,032), maka dapat disimpilkan bahwa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Bunyi kelas VIII semester II SMP N 2 Kampung Rakyat Desa Perkebunan Teluk Panji T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 113 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperati;f Tipe Number Head Together;;Hasil Belajar;Bunyi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9800 |