Sembiring, Rosali Br and Mukthar (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 214-229. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Reduction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran diskoveri dengan bimbingan dan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran langsung; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang belajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran diskoveri dengan bimbingan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Diskoveri dengan Bimbingan dan Pembelajaran Langsung; Minat Belajar; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 09:21 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/980 |