Rohani and Sitompul, Harun (2013) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 197-213. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Reduction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PPKnsiswa yang diberi model pembelajaran portofolio dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model Pembelajaran berbasis portofolio memberikan hasil belajar PPKn siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) Kelompok siswa yang kemampuan awalnya tinggi memperoleh skor hasil belajar PKn yang lebih tinggi di banding dengan kelompok siswa yang kemampuan awalnya rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Potofolio; Kemampuan Awal; PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 09:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/979 |