Simbolon, Naeklan (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 14 DAN 21 MEDAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIII (02). pp. 225-235. ISSN 0216-1370
Reviewer.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris di SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 14 dan 21 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian Treatment by level 2 x 2. Sampel penelitian ini adalah160 orang siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan verbal dan observasi kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemamuan berbicara bahasa Inggris SMA. (3) Terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris antara siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan kemampuan verbal rendah. (4) Terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris antara siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dibanding dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Kemampuan verbal; Kemampuan berbicara; Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:43 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9773 |