Rinayanti, Ketrin and Situmorang, Julaga (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 156-169. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan hasil belajar mata diklat DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat kejuruan Teknik Bangunan yang tinggi dengan rendah; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat kejuruan Teknik Bangunan dalam mempengaruhi hasil belajar mata diklat DKK Ilmu Statika dan Tegangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Menguji hipotesis penelitian adalah teknik analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; (2) Hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan Siswa yang Memiliki Minat Kejuruan Tinggi Lebih Tinggi dibandingkan dengan Minat Kejuruan Rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat kejuruan dalam mempengaruhi hasil belajar DKK Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Minat Kejuruan; Hasil Belajar Ilmu Statika dan Tegangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 04:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/976 |