Srijayanti, Putri (2016) POTRET IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP SE-KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANG T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. PREFACE.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
13. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA di SMP se-kecamatan Patumbak T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII masing-masing SMP T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 25% dari jumlah keseluruhan SMP Se-Kecamatan Patumbak yaitu SMPN 1 Patumbak, SMPS Madani Marindal, SMPS Ponpes Al-Husna dan SMPS IT Rahmat. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui potret implementasi pendidikan karakter yaitu lembar observasi, catatan harian wawancara dan angket (kuesioner) yang dibantu oleh satu observer.
Dari hasil penelitian diperoleh jumlah nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan setiap sekolah SMP cukup beragam, yaitu pada SMP Negeri 1 Patumbak telah menerapkan 9 nilai pendidikan karakter dengan persentase 50%, SMP Swasta Madani Marindal 1 telah menerapkan 11 nilai pendidikan karakter dengan persentase 55%, SMP Swasta Pondok Pesantren Al-Husna telah menerapkan 13 nilai pendidikan karakter dengan persentase 72%, dan SMP Swasta IT Rahmat telah menerapkan 9 nilai pendidikan karakter dengan persentase 50%.. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan sistem atau cara Kepala Sekolah, Guru maupun warga sekolah lainnya dalam pelaksanaan pendidikan karakter, baik ditinjau dari visi misi, peraturan dan tata tertib, kegiatan rutin sekolah, maupun perangkat pembelajaran yang digunakan guru sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 036 |
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Karakter; Pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 08:27 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9753 |