STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Kuspriyanto, Budi and Siagian, Sahat (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 134-258. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan strategi Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen yang diajarkan strategi problem based learning dan kelas kontrol yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan: hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kreatif; Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:05
Last Modified: 28 Mar 2016 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item
View Item