Kuspriyanto, Budi and Siagian, Sahat (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 134-258. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan strategi Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen yang diajarkan strategi problem based learning dan kelas kontrol yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan: hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kreatif; Hasil Belajar Fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 04:05 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/975 |