Annisa, Siti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4123121071 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
02. NIM 4123121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
03. NIM 4123121071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
04.NIM 4123121071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
05. NIM 4123121071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
06. NIM 4123121071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
07.NIM 4123121071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
08.NIM 4123121071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
09. NIM 4123121071 BAB I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
09. NIM 4123121071 BAB I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 4123121071 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4123121071DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak).
Setelah diberikan pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,28 dan kelas kontrol adalah 47,24. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional selama empat kali pertemuan. Setelah pembelajaran pada pertemuan ke empat selesai, diberikan postes. Hasil rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,66 dan kelas kontrol adalah 60,19. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,94 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel ( 3,94 > 1,67) maka Ha diterima. Dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 067 |
Keywords: | Quasi Eksperimen, Pembelajaran Berbasis Masalah, Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 05:01 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9748 |