PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016

Annisa, Siti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4123121071 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4123121071 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4123121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4123121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4123121071  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4123121071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 04.NIM 4123121071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04.NIM 4123121071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4123121071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4123121071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4123121071 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4123121071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 07.NIM 4123121071 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07.NIM 4123121071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 08.NIM 4123121071  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08.NIM 4123121071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4123121071 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4123121071 BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4123121071 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4123121071 BAB I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123121071 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123121071 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123121071DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123121071DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak).
Setelah diberikan pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 46,28 dan kelas kontrol adalah 47,24. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional selama empat kali pertemuan. Setelah pembelajaran pada pertemuan ke empat selesai, diberikan postes. Hasil rata-rata postes kelas eksperimen adalah 70,66 dan kelas kontrol adalah 60,19. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,94 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel ( 3,94 > 1,67) maka Ha diterima. Dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 067
Keywords: Quasi Eksperimen, Pembelajaran Berbasis Masalah, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 05:01
Last Modified: 11 Aug 2016 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9748

Actions (login required)

View Item
View Item