Yulheni and Saragih, Abdul Hasan (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MOTORIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 123-133. ISSN 1979-6692
cover.jpg
Download (805kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (215kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) kemampuan anak mengenal angka yang diajar dengan strategi pembelajaran media belajar sambil bermain lebih tinggi dibandingkan dengan pembejaran konvensional, (2) kemampuan anak mengenal angka yang memiliki keterampilan motorik tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan motorik rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan motorik terhadap kemampuan mengenal angka. Populasi penelitian ini adalah PAUD yang ada di Kecamatan Medan Baru. Sampel adalah Bharlind School. Instrumen penelitian untuk kemampuan mengenal angka terdiri dari 4 pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban dan untuk keterampilan motorik digunakan tes keterampilan motorik. Desain penelitian adalah faktorial 2x2 dan teknik analisis data adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan anak mengenal angka yang diajar dengan strategi pembelajaran belajar sambil bermain lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) kemampuan anak mengenal angka dengan keterampilan motorik tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan motorik rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan motorik dalam mempengaruhi kemampuan anak mengenal angka.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Media Belajar Sambil Bermain dan Konvensional; Keterampilan Motorik; Kemampuan Mengenal Angka |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 03:54 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/974 |