STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MOTORIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA

Yulheni and Saragih, Abdul Hasan (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MOTORIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 123-133. ISSN 1979-6692

[thumbnail of cover.jpg]
Preview
Image
cover.jpg

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) kemampuan anak mengenal angka yang diajar dengan strategi pembelajaran media belajar sambil bermain lebih tinggi dibandingkan dengan pembejaran konvensional, (2) kemampuan anak mengenal angka yang memiliki keterampilan motorik tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan motorik rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan motorik terhadap kemampuan mengenal angka. Populasi penelitian ini adalah PAUD yang ada di Kecamatan Medan Baru. Sampel adalah Bharlind School. Instrumen penelitian untuk kemampuan mengenal angka terdiri dari 4 pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban dan untuk keterampilan motorik digunakan tes keterampilan motorik. Desain penelitian adalah faktorial 2x2 dan teknik analisis data adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian adalah: (1) Kemampuan anak mengenal angka yang diajar dengan strategi pembelajaran belajar sambil bermain lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) kemampuan anak mengenal angka dengan keterampilan motorik tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan motorik rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan motorik dalam mempengaruhi kemampuan anak mengenal angka.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran Media Belajar Sambil Bermain dan Konvensional; Keterampilan Motorik; Kemampuan Mengenal Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:54
Last Modified: 28 Mar 2016 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item
View Item