Lubis, Nurjanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121021 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4121121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM 4121121021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 4121121021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 4121121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 4121121021 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4121121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4121121021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM 4121121021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13. NIM 4121121021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4121121021 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pengetahuan konseptual yakni pilihan berganda yang terdiri atas 15 item yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak.
Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel = 2,35 > 1,99, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap pengetahuan konseptual daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK 2016 FIS 102 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Group Investigation (GI); Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9733 |