PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2015/2016

Lubis, Nurjanna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121021 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121121021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121121021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121121021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121121021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121121021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121121021 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121121021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121121021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121121021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121121021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121121021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121121021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121121021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121121021 BIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121121021 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pengetahuan konseptual yakni pilihan berganda yang terdiri atas 15 item yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak.
Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel = 2,35 > 1,99, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap pengetahuan konseptual daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Al-Hidayah Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK 2016 FIS 102
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Group Investigation (GI); Pengetahuan Konseptual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:52
Last Modified: 11 Aug 2016 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9733

Actions (login required)

View Item
View Item