PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2015/2016

Naibaho, Evi Febrianne (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 4123321018 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 4123321018 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4123321018  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4123321018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 4123321018 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 4123321018 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 4123321018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 4123321018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 4123321018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 4123321018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 4123321018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 4123321018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 4123321018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 4123321018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 4123321018 TABLES.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 4123321018 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 4123321018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 4123321018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM. 4123321018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10.NIM. 4123321018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4123321018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4123321018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM. 4123321018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15.NIM. 4123321018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri dan kemampuan Berpikir Kritis terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi Listrik Dinamis di SMA Negeri 12 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling.
Kedua kelas perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri dan Kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar yakni pilihan berganda dengan jumlah 15 item dengan lima option jawaban dan tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian dengan jumlah 8 item yang sebelumnnya telah divalidasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur.
Dari hasil penelitian pada materi pokok Listrk Dinamis di SMA Negeri 12 Medan T.P 2015/2016 diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,92 dan kelas kontrol adalah 34,65, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,30 dan kelas kontrol 65,70. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data menggunakan uji hipotesis ANAVA 2 jalur diperoleh ada pengaruh hasil belajar akibat penerapan model pembelajaran Inkuiri dan ada pengaruh berpikir kritis diatas rata-rata dengan berpikir kritis dibawah rata-rata terhadap hasil belajar siswa dan juga terdapat interaksi antara model pembelajaran Inkuiri dengan berpikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 061
Keywords: Inkuiri; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:40
Last Modified: 11 Aug 2016 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9730

Actions (login required)

View Item
View Item