STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK

Purba, Timbul and Sitompul, Harun (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 108-121. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) hasil belajar menggambar teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar menggambar teknik siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar menggambar teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar menggambar teknik siswa.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran Elaborasi dan Ekspositori; Motif Berprestasi; Hasil Belajar Menggambar Teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:54
Last Modified: 28 Mar 2016 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item