Purba, Timbul and Sitompul, Harun (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 108-121. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (805kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (215kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) hasil belajar menggambar teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar menggambar teknik siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar menggambar teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar menggambar teknik siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Elaborasi dan Ekspositori; Motif Berprestasi; Hasil Belajar Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 03:54 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/973 |