Agustini, Dina Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dengan meggunakan media LKS, serta untuk mengetahui perkembangan aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA T.A 2015/2016. Sampel dipilih secara cluster random sampling dari 4 kelas XI MIPA yang ada di SMA Negeri 1 Gebang terpilih 2 kelas yaitu kelas XI-MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media LKS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,992 dan ttabel = 1,672. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media LKS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 045 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Konvensional; media LKS; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9710 |